Mengenai Saya

Foto saya
I used to be the guitarist of my first ex-band called 'On Stage Failed',, Never use fork when I eat.. Double portion of ice tea when I drink.. Play football while keeping it fun..

Kamis, 15 Mei 2008

Masa Depan Warnet..

Gw masi inget waktu pertama kali masuk kuliah jurusan IT, ada seorang anak seangkatan gw yang ditanyain tujuan setelah lulus kuliah. Dengan antusiasnya dia jawab kalo dia mau usaha buka warnet.

Dengan rentang waktu yang lama banget, dengan waktu paling ga 4 taun dia kuliah, stelah 4 taun ke depan, apa warnet bakalan masih hidup?

Akhir taun 90an, warnet-warnet pada laris karena belum ada yang punya koneksi internet rumahan. Walaupun ada, itupun mahal banget. Dial up dari telkomnet instan dengan harga 9000/jam dan kecepatan yang bikin orang jelek jadi cakep saking lamanya nunggu. Kayaknya bisnis warnet saat itu berjaya banget.

Tapi sekarang, dengan 200rebu/bln, orang udah bisa nikmatin internet dirumahnya. Kalo buat orang yang koceknya tebel dikid, malahan bisa dapet unlimited dengan harga 700rebu.

Negri ini ga cuman dilanda perang operator selular, tapi dibalik itu semua juga ada perang tarif internet. Dengan adanya layanan internet berbasis ADSL, warnet-warnet semakin mati kutu.

Untuk kota-kota kecil, minimal udah ada speedy yang uda ngerambah masyarakat menengah ke atas. Buat kota-kota besar malah lebih parah lagi. Quasar, Centrin, dan FastNet udah bikin orang-orang ga punya alasan lagi buat pergi ke warnet. Internet rumahan udah smakin murah.

Ini makin diperparah sama laptop yang makin hari makin jadi trend fashion. Yang punya laptop malah ga perlu ngeluarin kocek sedikitpun buat dapet internet gratis karena sekarang uda ada hotspot di mana-mana.

Belum lagi internet mobile yang ditawarin sama operator selular kayak Telkomsel, XL, dan Indosat yang sudah lama nawarin GPRS. Walopun harganya masih mahal, tapi efektif di beberapa kalangan yang mobilitasnya tinggi.

Sekarang aja udah taun 2008, taun depan internet bakalan makin murah, makin cepet, dan makin gampang didapet.
Apalagi 5 taun lagi. Bisa aja tiap rumah yang ada komputernya udah ada koneksi internetnya. Dan ga ada alasan untuk kita pergi ke warnet.

So, kayaknya bisnis warnet bukan untuk bisnis jangka panjang. Gw sendiri sebenarnya lagi ngelola warnet di kota gw. Tapi gw ga mungkin ngelola ni warnet untuk paling ngga 5 taun ke depan. Gw musti ninggalin bisnis ini sebelum kemarau tiba. Jadi, buat loe yang pengen bisnis warnet, mendingan lu pikirin bisnis lain yang lebih tahan lama.
Gw aja uda mikirin bisnis lain, mo tau??
Ada dehh, kasi tau ga ya??

1 komentar:

imd_nd mengatakan...

betul banget sih sob ,., gw juga kepikiran kaya lo.,.,., nah klw mu warnet tersus bertahan dukung para huck / crack bwt .., nyerang warnet yang ada di rumah kaya itu solusi yang bisa memnuat warnet bertahan ,m,m ptptptpt kejam sih tp gimana lagi sob,,,,,,,,,