Mengenai Saya

Foto saya
I used to be the guitarist of my first ex-band called 'On Stage Failed',, Never use fork when I eat.. Double portion of ice tea when I drink.. Play football while keeping it fun..

Sabtu, 14 Maret 2009

My Lovely Crazy Unique Insane Nuts Great Great Leptop

Sekarang ini jamannya leptop. Semua-semua dikerjain pake leptop. Mulai dari ngedesain grafis, ngedit film, rekaman, ngerjain tugas (dimana budaya copy-paste muncul), nyusun skripsi, baca berita, beli barang, cari pacar, ampe tipu-menipu bisnis pun kayaknya ampuh banget kalo pake leptop. Dan hampir semua orang punya leptop. Anak sekolahan, mahasiswa, musisi, bisnisman, bisniswoman, bisnisgirl, bisnisboy, dan lainnya.

Dan dampaknya, banyak banget pameran leptop menghiasi atrium-atrium mall besar. Mo cari leptop apa aja ada disitu. Mulai dari buatan dalam negeri, luar negeri, ampe luar angkasa pun mungkin ada juga. Dengan budget kurang lebih 4 juta, kita bisa ngedapetin leptop yang average dengan fitur yang menggiurkan. Intinya adalah, semua perusahaan berlomba supaya leptop bisa terjangkau semua kalangan. Jadi menciptakan suatu budaya gitu.

Entah sejak kapan orang-orang mulai start rame-rame buat beli leptop. Yang pasti 4 tahun yang lalu tampaknya orang-orang masih menikmati yang namanya handphone camera. Apa mungkin semenjak ada tukul? Entahlah. Bisa jadi.

Anyway, ketika semua orang berbondong-bondong memasuki era leptop. Mungkin gw ga ikutan. Gw sndiri gatau, apa gw yang udah duluan memasukinya, ato apa gw telat memasukinya. Gw juga bingung. Karna gw uda punya leptop lebih dulu. Leptop terdepan, tapi terbelakang. Nah loh?

Disaat mahasiswa lain ngeluarin leptopnya yang rata-rata (baca: mayoritas) bermerk ACER Aspire, gue malah ngeluarin leptop dengan merk yang sama namun dengan tipe yang berbeda. Bukan karna gw dapet ACER limited edition, tapi karna emang leptop ini uda ada dari jaman dulu, dan gue yakin rekan-rekan mahasiswa gw ga ada yang punya leptop kayak gw. Leptop unik yang bener-bener beda dari yang lainnya.

Nih sekilas system description nya leptop gw:

Intel Pentium 4 Mobile 1.6Ghz
DDR 512 Mb
Windows XP Home Edition SP2 (bajakan of course ^^v)
VGA Intel gw lupa memorynya + Realtek Sound Card *latency gede banget*
DVD+CD RW
Infra Red
Built in SD Card Reader
2 USB Port, 1 LAN port, 1 LCD output, I/O sound, 2 speaker.
8.102a/n wireless

Sungguh ga ada apa-apa nya kalo dibandingin leptop jaman sekarang yang uda masuk dinasti Core2Duo atau TurionX2.

Dan hal utama yang membuat gw males untuk ngebawa-bawa leptop ini adalah : Beberapa tombol keyboard ga berfungsi.
Sehingga gw harus selalu ngebawa-bawa keyboard eksternal sebagai ganti built-in keyboard. Bole dibilang ini PC berjalan. Bukan leptop.
Gw pernah ngebawa ini ke tukang servis di Mangga Dua, dan katanya harus ganti dengan biaya estimated 400ribu. Sayang banget untuk sebuah keyboard yang cuma hilang huruf A, X, N, F, C, koma, Shift, Alt, dan right arrow nya. Akhirnya gw cuma mampu beli keyboard eksternal ini seharga 80 ribu. Gw menghemat 320 ribu.

Selain masalah keyboard, layarnya juga sering jadi kemerah-merahan dan kalo kumat malah semua layar jadi warna ijo terang. Untuk hal ini, dapat diatasi dengan cara menekan dan memijit-mijit LCDnya hingga warnanya kembali normal. Namun itu dibutuhkan kesabaran tinggi, karena dalam sekali pijitan, warnanya belum tentu normal. Kalo lagi sial, malahan tu layar ijo ga akan kembali dalam jangka waktu yang lama. Gw sempet ga make leptop dua hari karna layarnya begitu terus hingga akhirnya dia kembali normal dengan sendirinya.

Selain keyboard, hal 'eksternal' lain yang perlu digunakan adalah wireless modem. Udah jadi tren kalo di beberapa sudut kota selalu ditemukan area Hotspot. Tapi ini ga berpengaruh buat leptop gw. Karena sebanyak apapun titik hotspotnya, selama itu di protect (dipassword), leptop gw ga akan bisa melakukan penetrasi. Dan sialnya, mayoritas titik hotspot di kota gw pada di protect. Nah, kalo yang ini gw masi ga tau penyebabnya. Setau gw sih tipe wireless gw yang uda katrok alias uda ga bisa menjangkau hotspot yg protect.
Sakingnya gw adalah orang yang demen banget internetan dan donlot2, gw bela-belain beli eksternal modem untuk bisa nangkep sinyal internet yang di protect. Berhasil sih, tapi kendalanya ada USB port gw yang cuma dua biji. Port yang pertama sudah pasti di kuota oleh keyboard, dan kalo gw pasang tu modem eksternal, berarti harus bagi jatah sama flash disk. Memang sungguh merepotkan kalo ngebawa leptop gw kmana-mana.

Tapi dibalik semua itu, dalam hal sistem, gw berani ngebandingin ama leptop lu lu smua. Kecuali untuk ngegame (karna bener-bener ga kuat kalo udah 3D), leptop gw adalah yang powerful dalam segi efisiensi dan efektifitas.
Konversi file (video/audio) ga ada masalah.
Application Development, leptop gw jagonya, karena sudah gw built in sama Java environment dan mySQL, udah termasuk Visual Studio 2008, Borland C++, dan Turbo Pascal.
Lu mau musik-musik terbaru? Leptop gw jagonya. Lu bisa cari musik apa aja di dalemnya.
Recording? Jangan dianggap remeh. Gw ga perlu efek gitar yang mahal untuk ngerubah suara gitar akustik gw jadi suara Ibanez atau Fender hanya dengan GuitarFX. Walaupun dengan latency (delay) yang besar. Cukup dengan leptop gw.
Desain grafis? Wah, ini sih lengkap. Corel Draw 12, Photoshop CS2, dan Dreamweaver bisa lo pake di leptop gw tanpa ada lelet sedikitpun. Udah banyak desain yang gw bikin dari leptop gw ini.
Internetan? Dengan IDM full version + Apple Safari, lu bisa donlot apapun mulai dari Youtube, IMEEM, myspace, dan website manapun yang seharusnya ga bisa di donlot. BitTorrent juga tersedia buat loe yang suka koneksi peer-to-peer.

So, mungkin bisa jadi leptop gw adalah leptop terunik di jaman skarang. Tapi dengan fungsionalitas yang maksimal, kayaknya gw masi akan make leptop ini dalam 4 tahun ke depan.
Photobucket
Leptop gw yang butuh keyboard eksternal dan wireless modem tambahan

Photobucket
Covernya gw tempelin stiker BRIDGE (Youth Church Bandung) karna uda ga menarik lagi

Photobucket
Tombol F4 nya ilang, jadi ga bisa pake kombinasi Alt+F4

Tidak ada komentar: