Mengenai Saya

Foto saya
I used to be the guitarist of my first ex-band called 'On Stage Failed',, Never use fork when I eat.. Double portion of ice tea when I drink.. Play football while keeping it fun..

Kamis, 12 Maret 2009

Anak Muda = Panah di Tangah Pahlawan

Anak panah adalah salah satu senjata yang banyak banget digunain di masa perang jaman dulu, selain pedang tentunya. Sering kita nonton film-film macam Robin Hood, Lord Of The Ring, 300 (Spartan), bahkan di film Dendam Nyi Pelet pun, anak panah selalu hadir di banyak adegannya. Anak panah merupakan senjata tipe range (jangkauan), dan buat yang doyan game MMORPG, pasti tau kenapa anak panah begitu spesial.

Di sini gue mo ngegambarin kalo anak muda tuh ga jauh beda ama anak panah. Cepat, tepat, dan mematikan. Syaratnya adalah : Anak panah tersebut harus ada di tangan pemanah yang jago (baca:pahlawan).

Ayo kita teliti karakteristik anak panah.

ANAK PANAH MEMPUNYAI TUJUAN

Coba deh liat ke bandara ato di mal. Untuk menandakan arah, pasti dipake gambar panah. Arah ke toilet digambarin pake tanda panah, arah keluar ditandain pake gambar panah, kalo tersesat juga petunjuknya pake tanda panah, semua tujuan digambarin pake tanda panah. Ga pernah selama ini gue liat arah toilet ditandain pake gambar bunga. Hal ini menandakan kalo anak panah selalu punya tujuan.

Kalo lu anak muda, maka lu harus punya yang namanya tujuan hidup. Tentuin kemana tujuan hidup lu. Tujuan ga cuman bicara soal cita-cita. Tapi juga tujuan lu pacaran, tujuan lu kerja, tujuan lu ngelakuin hal-hal yang ga penting sekalipun. Semuanya harus punya tujuan. Orang yang hidup tanpa tujuan ga bakal pernah nemuin jalan hidupnya.

Gw pernah nanyain sama seorang temen SMA gw, sebut saja Dwi (nama sebenarnya).

Gw : "Lu abis lulus SMA ini mo kemana, Wi?"
Dwi: "Gatau lah, gw mah flow the river. Biarkan aja mengalir.."

Dan ga cuman si Dwi aja yang ga tau jalan hidupnya. Masi banyak orang lain yang gatau kemana arah yang dia tuju.

Kalo lu biarkan mengalir, brarti lu adalah anak panah butut yang gampang ketiup angin. Sebuah anak panah yang harusnya mengenai musuh, malah melenceng mengenai putri yang harus diselamatkan. Gawat kan?

Makanya tentuin tujuan hidup lu dari sekarang.

ANAK PANAH PUNYA PENJAGA KESEIMBANGAN

Di bagian ekor, ada sekumpulan bulu-bulu halus yang fungsinya menjaga agar arah panah tersebut tetap balance/presisi. Kalo ga ada bulu-bulu ini, anak panah bakalan susah banget buat dikendaliin ama pemanahnya, dan berakibat bakal salah tembak.

Anak musti bisa ngatur keseimbangan hidupnya.
Gw pernah ngebaca deskripsi sebuah program di Prambors bernama Mucho Macho. Disitu tertulis bahwa anak muda tu harus punya yang namanya Iman, Ilmu, Amal. Artinya, anak muda tuh harus percaya dan ngelakuin semua yang Tuhan perintahkan, serta punya pengetahuan yang luas, dan semua dijalanin dengan cara sosialisasi yang metal.

Jadi, kita ga bisa tiap kerjaannya cuman ibadah, ibadah, ibadah, dan ibadah. Ibadah itu penting, men. Tapi kalo lu cuman ngabisin waktu lu di tmpat ibadah tiap hari tanpa nonton tivi, baca koran dan ngeliat keadaan sekitar, itu sih sama aja lu tinggal di hutan. Gatau apa-apa. Dan kalo lu tiap hari kerjaannya cuman belajar, belajar, belajar, dan belajar tanpa minta pertolongan Tuhan, itu juga sama aja lu ngandelin kekuatan lu sendiri. Padahal yang nyiptain kepintaran lu Tuhan. Dan walaupun lu pintar dan ibadah lu bagus, lu juga ga bisa hidup tanpa bersosialisasi dengan orang-orang. Lu mesti ngebangun hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitar lu.

Ketiga elemen itu harus dijalanin bersamaan. Ga bisa kurang salah satu. Makanya anak muda musti ngejaga keseimbangan hal-hal itu. Bisa salah tujuan tar kalo ga balance.

ANAK PANAH HARUS BERADA DI TANGAN YANG TEPAT

Pernah nonton Robin Hood of Locksley kan? Yang main waktu itu Kevin Costner kalo ga salah.

Musuh utama Robin adalah Sheriff of Notingham yang suka memeras pajak rakyatnya.

Di tangan Robin, anak panah selalu jadi senjata yang tepat untuk bisa menembus dada prajurit Notingham. Tiap anak panah yang ditembakkan selalu mengenai sasaran. Bahkan Robin bisa bikin kayu disampingnya untuk jadi panah yang mematikan.

Nah, ada satu teman Robin yang bernama Little John (digambari sbg orang gede tapi hatinya lembut). Little John jago banget mainin tongkatnya untuk ngejatohin lawan-lawannya. Tapi Little John ga punya skill untuk nembakin panah.

Apa yang terjadi kalo Little John gunain panahnya Robin? Mungkin aja tu panah bakal ngenain istrinya. Padahal yang dipake adalah panah yang sama. Loh kok bisa gitu? Ya Little John ga bisa make anak panah.

Orang yang tepat berbicara soal siapa yang mendidik lu dari kecil. Gue ga tau lu tumbuh di lingkungan seperti apa. Yang pasti hal itu bakal mempengaruhi karakter lu. Mungkin lu punya satu orang yang lu anggap sebagai guru, mentor, atau orang tua skalipun. 

Gue sendiri diajarin orang tua gue untuk selalu semangat ngerjain segala hal, ga pantang menyerah dan selalu bersyukur. Segala hal positif yang ada di gue, itu semua datangnya dari orangtua yang ngajarin gue.

Harus ada orang yang ngendaliin lu supaya lu ga keluar jalur. Entah itu orang tua, pacar, atau teman. Intinya adalah, orang itu harus bisa ngebawa lu kepada suatu tujuan yang bener. Seseorang yang selalu jadi panutan lu. 
Dan gw sendiri, gw punya seseorang yang selalu gw kagumin. Dan itu yang membuat hidup gw selalu punya tujuan dan gw selalu melangkah buat mencapai tujuan gw itu.

So, klo lu mau jadi anak muda yang bener-bener berbeda dan berkualitas, jadilah anak panah di tangan pahlawan!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bijak sekali anda.